Sekilas Tentang PPDB 2013

Sekilas tentang ppdb 2013 – Apa yang selalu dikhawatirkan orang tua peserta didik di awal tahun pelajaran baru? Apa lagi kalau bukan pungutan yang memberatkan pada saat PPDB (penerimaan peserta didik baru) maupun setelah pembelajaran berlangsung. Tahun pelajaran baru banyak sekali mengeluarkan uang untuk keperluan pendidikan anak. Hal ini menjadi tantangan bagi pihak sekolah yang melaksanakan PPDB 2013 ini.

Tantangan dimaksud adalah bagaimana pihak sekolah memberikan informasi yang benar kepada orang tua peserta didik. Bahwa sekolah tidak akan melakukan pungutan diluar ketentuan yang sudah ada. Pungutan yang berkaitan dengan operasional sekolah maupun investasi sekolah tidak akan dilakukan.

Pungutan yang dibolehkan adalah pungutan personal yang tidak mengikat dan layak seperti pengadaan kaos. Kaos untuk seragam olah raga tidak mungkin disediakan sendiri-sendiri oleh orang tua peserta didik. Begitu pula seragam khas suatu sekolah, jika tidak disediakan, bisa jadi tidak seragam. Kaos dan seragam khas sekolah biasanya dipesan khusus secara kolektif oleh pihak sekolah kepada penjahit tertentu di daerah masing-masing.

Kesepakatan pihak sekolah dengan komite sekolah untuk memungut iuran pakaian seragam sekolah memang bertujuan untuk menciptakan keseragaman model pakaian di sekolah. Besarnya pungutan tentulah disesuaikan dengan perkembangan harga pasar dan tidak memberatkan orang tua peserta didik.

Peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu diharapkan tetap dapat melanjutkan sekolah. Jika mereka benar-benar tidak mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan oleh pihak terkait, pihak sekolah perlu mencarikan solusinya demi mengamankan program wajib belajar 9 tahun.

Semoga PPDB 2013 berjalan lancar.